Monday, March 8, 2010

Membuat Menu Buka Tutup Di Sidebar Blog

Banyak blogger karena kapasitas ruang blog yang terbatas maka memanfaat fasilitas menu yang dapat dibuka dan di tutup. Umumnya mereka memakai menu http://www.flooble.com/, namun sayang untuk dipasang di mesin blogger kebanyakan gagal. Fasilitas menu flooble bisa digunakan secara online. Tinggal tulis nama menu dan sub menu, lalu copy kode dan paste di blog.

Yang kedua biasanya memakai fasilitas menu apung sidebar kreasy Dinamic Drive. Inipun secara online namun yang belum memahami javascript sangat sulit diterapkan.

Yang satu ini mudah diterapkan, sayangnya hanya menu horisontal.Silahkan berkunjung ke Pure CSS Menu.

Nah, ada suatu alternatif lain yaitu kreasi Abu Farhan. Namun, sayang kecenderungan tidak bisa diterapkan pada mesin blogger masih dominan walaupun Abu Farhan terkenal memodifikasi widget wordpress ke blogger dengan mudah. Untuk yang satu ini masih ada hambatan untuk diterapkan. Semoga Abu Farhan segera menemukan solusinya, sehingga bermanfaat untuk para blogger.

Dari hasil googling, ketemu software gratis yang dapat di instal di komputer. Kita tinggal pilih tampilan menunya, lalu isi nama menu dan sub-subnya, lalu ambil kodenya pasang di Edit template blogger dan untuk kode htmlnya biasa dipasang di tambah gadget lalu edit html/javascript, dan hasilnya sukses.

Software ini bernama Quick Menu dan bisa di download di Open Cube. Tampilan menu-menunya seperti ini :



Ada beberapa lagi tampilan menu yang sangat menarik. Demo bisa dilihat disini.

No comments:

Post a Comment